Sekilas

D-IV Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan

Kunjungan Industri 1
Kunjungan Industri 4
Kunjungan ke Universitas Malaysia Serawak 10
Tempat Uji Kompetensi (TUK) 3
Tempat Uji Kompetensi (TUK) 4

Pada Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (D4 TRKJJ) akan dipelajari bagaimana cara merancang suatu konstruksi jalan dan jembatan yang aman, efisien, dan sesuai kebutuhan. Program studi ini adalah bagian dari ilmu teknik sipil, karenanya pelajarannya tidak akan jauh-jauh dari ilmu Teknik Sipil. Hal-hal yang dipelajari adalah berbagai aspek dalam pembuatan jalan dan jembatan, mulai dari pembuatan desain jalan dan jembatan, mempelajari geografi dan struktur tanah, memilih bahan baku, dampak sosial dari pembangunan jalan dan jembatan tersebut dan cara merawat jalan dan jembatan yang sudah selesai dibangun. Selain itu, di prodi ini juga akan mempelajari tentang perhitungan biaya dan manajemen kontrak konstruksi. Prospek kerja lulusan program studi ini umumnya berada di bidang perencanaan, pengawasan, dan pelaksanaan konstruksi jalan dan jembatan. Lulusannya bisa memilih karir di instansi pemerintahan atau BUMN seperti Kementrian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementrian Perhubungan, atau PT. Jasa Marga.

Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) merupakan pogram studi yang mempelajari, mengembangkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan teknik sipil dengan konsentrasi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan dalam rangka mendukung penyediaan sumberdaya manusia unggul yang dibekali dengan kemampuan teknis, manajerial, kedisiplinan, dan akhlak mulia berbasis industri konstruksi.

VISI

Menjadi Program Studi (PS) unggulan dan berdaya saing di bidang Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan yang melaksanakan standar Nasional dan Internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga ahli dalam bidang Jalan dan Jembatan yang handal, bermoral, kompeten dan profesional.
  2. Mengembangkan penelitian terapan yang terkait dengan permasalahan konstruksi jalan dan jembatan yang ada di daerah Kalimantan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan segenap unsur sivitas akademika dengan memperdayakan peran serta pemangku kepentingan (stakeholders).
  4. Mengembangkan suasana akademik yang tanggap terhadap perubahan dan perkembangan IPTEK.
  5. Melakukan pelayanan pendidikan berdasarkan kebutuhan industri yang berkualitas berbasis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI-PT).
  6. Meningkatkan manajemen program studi yang transparan, akuntabel, dan mampu mendorong kinerja pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat menuju institusi unggul dan bertaraf nasional dan internasional.

Adapun kompetensi prodi D4 Teknologi Rekayasa Jalan dan Jembatan adalah sebagai berikut :


1. Ahli Perancangan Jalan dan Jembatan (Road and Bridge Design Engineer)
Sarjana terapan yang mampu melakukan perancangan, kajian pelaksanaan, pengawasan, perawatan dan perbaikan pada suatu konstruksi jalan dan jembatan dengan menerapkan aturan dan standar konstruksi bangunan jalan dan jembatan skala menengah di wilayah kerjanya yang disajikan dalam bentuk dokumen perancangan dan/atau kajian teknis.

2. Ahli Pelaksanaan Jalan dan Jembatan (Road and Bridge Site Engineer)
Sarjana Terapan yang mampu melakukan perancangan terkait tahapan dan proses pelaksanaan, perancangan tahapan dan/atau metode pelaksanaan serta memastikan tercapainya target konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan konstruksi dan K3 serta aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan pada proses pembangunan konstruksi jalan dan jembatan skala menengah di wilayah kerjanya.

3. Road and Bridge Construction Quality Control Engineer (Ahli Pengawasan Mutu Konstruksi Jalan dan Jembatan)
Sarjana Terapan yang mampu mengawasi proses pelaksanaan secara menyeluruh dan memastikan tercapainya target konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan syarat-syarat teknis mengenai keamanan konstruksi, K3 dan aspek lingkungan sehingga mampu mengatasi permasalahan pada proses pembangunan konstruksi jalan dan jembatan skala menengah di wilayah kerjanya.

Capaian Secara Umum

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidang teknologi rekayasa konstruksi jalan dan jembatan dalam penyelesaian masalah serat mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan Jalan dan Jembatan secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis infomasi, data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih alternatif secara mandiri dan kelompok
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.


Capaian Secara Khusus

  1. Ahli Perencana Jalan dan Jembatan
  2. Ahli Geodesi untuk perencanaan jalan dan jembatan
  3. Ahli gambar peta situasi, penampang memanjang dan penampang melintang
  4. Ahli penyelidikan mekanika tanah dan perencana pondasi
  5. Ahli perencana alinyemen vertikal dan horizontal jalan
  6. Ahli perencana perkerasan jalan
  7. Ahli perencana jembatan rangka baja
  8. Ahli perencana pembiayaan (Value Engineering)
  9. Ahli perencana jaringan drainase
  10. Ahli Pengawas Konstruksi Jalan dan Jembatan
  11. Ahli pengukuran topografi trase jalan dan jembatan
  12. Ahli pelaksana konstruksi jalan dan jembatan
  13. Ahli pelaksana perkerasan jalan
  14. Ahli pelaksana kontrak kerja konstruksi
  15. Ahli pelaksana lapangan pekerjaan drainase perkotaan
  16. Ahli rehabilitasi jembatan
  17. Ahli pemeliharaan jalan dan jembatan
  18. Ahli Pelaksana Konstruksi Jalan dan Jembatan
  19. Ahli pengukuran topografi trase jalan dan jembatan
  20. Ahli pelaksana konstruksi jalan dan jembatan
  21. Ahli pelaksana perkerasan jalan
  22.  Ahli pelaksana pemasangan jembatan rangka baja