Sambutan Ketua Jurusan


kajur

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Pendidikan tinggi kini berada di bawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Politeknik merupakan penyelenggara pendidikan tinggi yang fokus pada jenis pendidikan vokasi sebagai lembaga pasca sekolah menengah yang melakukan pendekatan inovatif dan mengajarkan prinsip kewirausahaan atau enterpreneurship kepada peserta didik dengan hasil akhir diharapkan dapat membentuk dan meluluskan peserta didik dengan karakter berakhlak mulia, disiplin, pekerja keras, saling menghargai, enterpreneur, dan memiliki jiwa manajerial.

Politeknik saat ini tidak saja menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk Diploma tiga (D-III) tapi juga Diploma empat (D-IV) yang sama kualifikasinya dengan Strata satu (S1) dan bahkan ada juga yang telah menyelenggarakan program Magister Terapan yang kualifikasinya sama dengan Strata dua (S2).

Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan merupakan salah satu jurusan yang ada di Politeknik Negeri Pontianak dan berdiri sejak tahun 1987 dimulai program Diploma II,   dimana Sistem Pendidikan Nasional khususnya pendidikan tinggi yang berusaha mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui jalur pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi selalu berpartisipasi aktif menegakkan perekonomian bangsa dan negara, melalui SDM yang mempunyai keterampilan yang praktis dan memadai.

Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak merupakan jalur Pendidikan Vokasi pada tingkat Perguruan Tinggi yang membekali lulusannya dengan keterampilan yang didukung dengan pengetahuan dasar teoritis yang cukup dan sikap disiplin yang tangguh. Dengan bekal itu, diharapkan alumni Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak betul – betul menjadi tenaga vokasional di bidangnya, khususnya di bidang Keteknikan (Engineering), selain dibekali dengan ilmu pengetahuan, alumni juga dibekali dengan sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah sebagai bukti alumni yang sudah kompeten dibidang skill dan keahliannya.

Mahasiswa cukup diakui keunggulannya oleh banyak pihak termasuk masyarakat konstruksi umumnya  ataupun oleh kalangan akademisi lainnya. Jurusan Teknik Sipil dan Perenencanaan yang memiliki 2 program studi yakni: Diploma IV Perencanaan Perumahan & Pemukiman (Akreditasi B) serta Diploma III Teknik Sipil (Akreditasi B), sebagai jurusan yang maju dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia yang profesional di bidang Vokasi yang siap bersaing ditingkat regional, nasional maupun secara global.

Istilah vokasi dapat diartikan sebagai profesional atau profesi. Kaitannya dengan pendidikan vokasi, dalam proses pembelajaran di Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan banyak diarahkan pada pengembangan keahlian dan ilmu terapan, sehingga penekanannya lebih banyak pada pendidikan praktik dan pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari alokasi pembelajaran pendidikan menerapkan porsi 60% untuk praktik dan 40% untuk teori. Kurikulum yang disusun pun disesuaikan dengan kebutuhan pasar, stakeholder dan perkembangan teknologi terkini.

Isu Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 akan menjadi titik awal bagi Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak untuk membenahi diri dan membuktikan bahwa Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak juga dapat sejajar dengan perguruan tinggi lainnya yang fokus dalam ranah pendidikan akademik untuk mempersiapkan sumber daya manusia terdidik, profesional dan berkompetensi agar tidak kalah bersaing dan tidak menjadi penonton di daerah sendiri.

Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak Melakukan langkah strategis, yakni:

  1. Membenahi kurikulum maupun metode pembelajaran sehingga dapat diterapkan strategi knowledge-technologi-eunterpreneurship-adaptation untuk mensejajarkan pengetahuan, teknologi, pengajaran dan pembangunan SDM agar dapat diterima oleh industri.
  2. Memperkokoh jalinan kerja sama dengan berbagai kalangan industri, baik di Indonesia maupun luar negeri.
  3. Menjadikan Jurusan Teknik Sipil & Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak sebagai tempat sertifikasi uji kompetensi lulusan.
  4. Mempromosikan dan mempublikasikan produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh mahasiswa melalui media cetak maupun elektronik serta melakukan Expo Civil Engineering setiap 3 tahun sekali.